ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
13 Juli 2017
Trik Aman Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Pada akhir tahap kedua dan saat trimester akhir, tubuh ibu hamil telah efektif memproduksi ASI sebagai persiapan menjelang persalinan. Adanya produksi tersebut berlangsung alami karena merupakan reaksi tubuh sebelum persalinan. ASI akan dikeluarkan sebagai proses awal atau inisiasi dini menyusui bayi yang baru lahir, yakni ketika tiba waktu persalinan. Sayangnya, sering kali ada saja ibu yang mengalami gangguan ASI tidak keluar setelah melahirkan.

Kondisi ASI yang sulit keluar sesudah melahirkan atau produksi ASI sedikit, memang banyak terjadi. Kondisi tersebut juga terbilang wajar, dan tidak perlu dicemaskan. Alasannya, setiap orang memiliki tingkat hormon yang berbeda-beda pula. Dalam hal ini, kamu perlu tindakan guna menstimulus agar ASI bisa keluar tanpa hambatan, sehingga berbagai kebutuhan si kecil akan terpenuhi. Berikut ini terdapat cara agar ASI bisa keluar dengan lancar. Mau tahu? Yuk, langsung saja simak caranya.

  • Konsumsi Daun Katuk
    Produksi ASI yang lancar dengan mengonsumsi daun katuk memang benar, lho. Ya, daun katuk mengandung laktagagum, polifenol, dan steroid yang mampu meningkatkan kadar hormon prolaktin. Jika kamu termasuk orang yang sangat sibuk dan lebih memilih cara yang praktis, konsumsi saja Herbatia Sari ASI. Dibuat dengan bahan alami seperti daun katuk, Herbatia Sari ASI juga dibuat melalui teknologi modern sehingga lebih praktis dikonsumsi. Kandungan daun katuk di dalamnya, membuat Herbatia Sari ASI memiliki polifenol yang mampu merangsang serta meningkatkan pelepasan prolaksin dan juga oksitosin. Adanya dua hormon ini, Herbatia Sari ASI akan bertanggung jawab pada kelancaran produksi ASI.

  • Kacang hijau
    Apa kamu termasuk penggemar kacang hijau atau sebaliknya? Kamu harus tahu, jika kacang hijau menjadi makanan yang tepat dikonsumsi saat menyusui, lho. Kaya protein, tiamin (vitamin B1), zat besi, fosfor, kalium dan mangan. Kacang hijau juga sumber asam folat, namun rendah kandungan natrium, dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Peran besar vitamin B1 ialah mengatur karbohidrat jadi energi. Jangan salah, ya, ibu menyusui butuh energi lebih besar daripada saat hamil. Kurangnya tiamin dalam tubuh akan membuat kamu sulit konsentrasi dan kurang bersemangat. Suasana hati yang baik, dapat memicu hormon oksitosin agar ASI tidak keluar setelah melahirkan tidak terjadi.
  • Pare
    Cara mengatasi ASI tidak keluar setelah melahirkan bisa kamu atasi dengan mengonsumsi pare. Makanan yang satu ini mengandung banyak vitamin C, antioksidan, lutein, dan likopen. Kandungan antioksidannya berguna untuk melindungi sel tubuh dari risiko besarnya kerusakan serta meningkatkan keoptimalan tulang, gigi, gusi, serta pembuluh darah. Selain manfaat sebagai pelancar ASI, kandungan senyawa fitokimia lutein serta likopennya berkhasiat bisa merangsang produksi insulin. Kandungan tersebut juga baik bagi ibu menyusui yang sedang menderita diabetes melitus.

  • Fenugreek
    Makanan yang satu ini sangat kaya akan fitoestrogen, dan sudah menjadi makanan sehat populer di Eropa. Kandungan serat maupun saponinnya yang tinggi bermanfaat mengatasi sembelit yang sering kali dialami oleh ibu pasca melahirkan. Jika ASI tidak keluar setelah melahirkan, konsumsi saja fenugreek atau biasa disebut biji klabet secara praktis melalui Herbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsul. Estrogen nabati di dalamnya mampu memfasilitasi sistesa hormon prolaktin serta oksitosin, sehingga dapat meningkatkan ASI kamu saat menyusui.

Ingat, menyusui menjadi proses penting untuk memberikan nutrisi bayi. Jadi, apabila kamu mengalami ASI tidak keluar setelah melahirkan, konsumsilah makanan pelancar ASI di atas, ya. Lakukanlah kebiasaan sehat saat menyusui, agar ASI berkualitas bisa kamu dapatkan demi pertumbuhan sang buah hati. Berikan yang terbaik untuk masa menyusui nyaman dan menyenangkan.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on