ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
18 Agustus 2017
Berapakah Jumlah ASI yang Baik dan Ideal bagi si Kecil?

Seorang wanita yang baru menjadi ibu, mungkin mengharapkan bayinya menyusu lama dan mengisap Air Susu Ibu (ASI) dalam jumlah banyak agar tetap kenyang. Sebenarnya berapa banyakah asupan ASI yang baik untuk bayi? Seorang seorang bayi baru lahir biasanya hanya menyusu sekitar 20 menit tiap payudara. Bila bayi kamu yang baru lahir mengalami penurunan berat badan, jangan khawatir karena hal itu sangat normal. Jadi, bukan karena bayi kekurangan ASI. Bobot bayimu kemungkinan bertambah lagi sesudah 5-7 hari atau sedikit lebih lama. Usai dua minggu, biasanya bayi bisa kembali ke berat badannya seperti ketika lahir atau melebihinya.

Keperluan bayi akan ASI dapat bervariasi, lho. Secara umum, ibu akan melihat bahwa si kecil akan menyusu dalam jumlah kecil. Kemudian, terus meningkat dalam beberapa hari. Tak perlu dipaksakan, ya, karena pada dasarnya, menyusui bayi tak harus dalam jumlah besar tiap saat.

Jumlah Asupan ASI yang Baik untuk si Kecil

Bayi yang umumnya diberikan susu formula bisa menyusu jauh lebih banyak dibandingkan bayi yang diberi ASI. Ini karena, bayi yang diberi susu formula tak dapat mengendalikan asupan susu sehingga normal saja bila ia muntah beberapa kali karena terlalu banyak menyusu.Berikut merupakan gambaran mengenai berapa jumlah ASI yang baik dan dibutuhkan seorang bayi tiap kali menyusu.

  • Hari pertama, sebanyak 7 ml.
  • Hari kedua, 14 ml atau hampir tiga sendok teh.
  • Hari ketiga 38 ml.
  • Hari keempat 58 ml.
  • Hari ketujuh, sekitar 65 ml.

Sedangkan untuk frekuensi menyusu ASI di bulan pertama, bayi harus menyusu 8 hingga 12 kali per hari. Setelah berusia 1-2 bulan, frekuensi menyusu cenderung berkurang menjadi 7 sampai 9 kali sehari. Frekuensi ini terbilang tinggi ketimbang bayi yang mengonsumsi susu formula. Hal ini disebabkan, ASI dapat dicerna lebih cepat lalu keluar dari sistem pencernaan lebih cepat. Maka dari itu, akhirnya si kecil menjadi lebih sering lapar. Kamu bisa memperbanyak ASI dengan rutin mengonsumsi obat herbal moderen Herbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsul, ya. Secara praktis, kamu bisa mendapatkan manfaat biji klabet melalui Herbatia Sari ASI yang mampunyai senyawa kimia diosgenin di dalamnya. Senyawa itu bisa memfasilitasi sistesa hormon prolaktin dan oksitosin yang bisa meningkatkan aliran ASI.

Bila bayimu diberikan ASI menggunakan botol, takaran kebutuhannya mungkin sama dengan dari payudara langsung, walau memang tidak ada jumlah yang baku. Kamu tidak harus memaksanya untuk menghabiskan isi botol atau menghentikannya menyusu ketika ia sebenarnya masih lapar.

Sebelum pasokan susu stabil, kamu harus menyusui sesuai kebutuhan bayi yakni tiap saat dia lapar. Pasalnya, bayi perlu disusui tiap 1,5 sampai 3 jam sekali. Seiring bertambahnya usia bayi, menyusu dapat menjadi lebih jarang, namun tetap tidak disarankan sampai bayi tidak diberikan ASI hingga empat jam. Kamu bisa memperbanyak jumlah ASI yang baik dengan mengonsumsi Herbatia Sari ASI. Kandungan zat polifenol yang berasal dari ekstrak daun katuk, terdapat di dalam Herbatia Sari ASI yang bisa merangsang serta meningkatan hormon pelancar ASI. Hormon tersebut yaitu oksitosin dan prolaktin yang bertanggung jawab meningkatkan kelancaran produksi ASI.

Jika bayi dengan konsisten terus-menerus menyusu lebih banyak, bahkan kurang dari jumlah yang diharapkan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter anak. Ini dilakukan demi memastikan apakah hal itu sehat untuknya. Yuk, perhatikan lagi jumlah ASI yang baik untuk buah hatimu.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on