ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
31 Mei 2017
Trik Mudah Membersihkan Botol Penyimpanan ASI

Entah itu untuk susu formula atau ASI perah, botol susu bayi, perlengkapan makan, dan minum bayi harus selalu benar-benar bersih. Perlengkapan ini mencakup botol penyimpanan ASI, peralatan antikolik, pompa ASI, mangkuk, sendok, dan berbagai peralatan untuk menyuapkan obat pada bayi. Sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir amat lemah, sehingga bayi lebih mudah terjangkit bakteri maupun kuman yang umumnya tidak berbahaya bagi orang dewasa. Kontaminasi bakteri terhadap perlengkapan makan atau minum bayi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare, dan sariawan. Kamu masih bisa memperkecil risiko ini dengan menerapkan cara membersihkan botol penyimpanan ASI serta perlengkapan lainnya. Terutama jika kamu baru saja membelinya. Nah, berikut ini terdapat cara membersihkan botol si kecil yang bisa digunakan.

Merebus

Ini merupakan salah satu metode paling sederhana dan tidak membutuhkan sterilizer botol susu khusus. Kamu cukup memanfaatkan panci dan kompor untuk mensterilkan botol susu maupun dot bayi. Berikut cara membersihkan botol penyimpanan ASI dengan merebusnya:

  • Isilah panci berukuran besar dengan air dingin, kemudian masukkan perlengkapan makan dan minum bayi ke dalamnya. Pastikan segala perlengkapan tersebut terendam dan tidak terdapat gelembung-gelembung udara di dalamnya.
  • Letakkan mangkuk atau piring tahan panas untuk menutup panci dan menjaga perlengkapan yang direbus tetap ada di bawah permukaan air.
  • Nyalakan kompor dan biarkan sampai airnya mendidih, lalu diamkan selama 10 menit.

Selama kamu tidak mengangkat penutupnya sesudah proses steriliasasi, kamu tetap bisa menyimpan perlengkapan si kecil ke dalam pancihingga sekitar 6 jam. Botol yang telah dipasang kembali bisa bertahan selama sekitar 24 jam sebelum harus disterilkan lagi. Nah, setelah botol sudah benar-benar bersih, baru kamu bisa memompa ASI. Namun, ada baiknya jika memastikan ASI banyak terlebih dahulu agar saat dipompa botol penyimpanan ASI dapat terisi penuh. Kamu bisa memperbanyak produksi ASI dengan mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang memiliki kandungan daun katuk di dalamnya. Adanya polifenol yang berasal dari daun katuk, Herbatia Sari ASI dapat merangsang serta meningkatkan pelepasan prolaktin serta oksitosin yang bertanggung jawab pada kelancaran produksi ASI.

Sterilisasi dingin

Proses sterilisasi dingin menjadi alternatif yang tepat bagi orang tua yang sibuk dan memerlukan alat sterilisasi botol susu bayi yang mudah dibawa tanpa perlu daya listrik atau air mendidih. Cara membersihkan botol ASI dengan strelisasi dingin yaitu:

  • Rendam perlengkapan bayi di dalam larutan pensteril.
  • Pastikan segala perlengkapan bayi tetap terendam selama 30 menit. Semakin lama merendamnya semakin baik.
  • Kamu bisa memakai lagi larutan sterilisasi tersebut selama 24 jam lamanya. Setelah itu, kamu perlu menggantinya dengan larutan baru.

Sampai kapan harus mensterilkan botol susu bayi?

Ketika sudah 12 bulan, si kecil memiliki sistem kekebalan tubuh yang mulai kuat dalam melawan kumanserta bakteri sehari-hari. Jadi, kamu tak perlu lagi mensterilkan perlengkapan makan ataupun minuman bayi usai bayi memasuki usia 1 tahun. Ya, walau demikian tetap disarankan untuk mencuci botol maupun peralatan bayi langsung usai digunakan. Sisa-sisa ASI, susu formula, dan bubur yang sudah mengering di dalam perlengkapan bayi akan menjadi lebih sulit dibersihkan.

Ingat, sangat penting, lho, membersihkan botol penyimpanan ASI. Selain itu, kamu perlu memproduksi ASI lebih banyak, agar botol yang sudah bersih tersebut dapat terisi tanpa bayi kekurangan mengonsumsinya. Caranya, kamu bisa mengonsumsi 3 kali sehari 1 kapsul Herbatia Sari ASI. Terbuat dari bahan alami seperti biji klabet, Herbatia Sari ASI mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin dengan efektif guna memperlancar aliran ASI. Yuk, rasakan manfaatnya sekarang juga.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on