ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
05 Juli 2017
Tata Cara Memberikan ASI yang Benar untuk si Kecil

Menyusui memang hal alami, tapi banyak Ibu mengalami kesulitan menjalankan proses tersebut. Namun tenang,jangan langsung berkecil hati! Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. ASI mengandung 400 nutrisi yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan si Kecil. Seiring dengan pertumbuhannya, kandungan nutrisi di dalam ASI akan menyesuaikan kebutuhan bayi. Manfaat memberikan ASI eksklusif sampai usia si Kecil 6 bulan akan menekan risiko sakit infeksi telinga, radang pencernaan (gastroenteritis), radang paru-paru (pneumonia), sekaligus meningkatkan kecerdasan. Jika ASI kamu tidak lancar, segeralah konsumsi Herbatia Sari ASI yangterbuat dari bahan herbal yang mampu meningkatkan produksi ASI secara efektif. Herbatia Sari ASI dapat dikonsumsi mulai 1 hingga 2 minggu menjelang persalinan. Nah, dengan mempraktikkan berbagai cara memberikan ASI yang benar seperti berikut ini, akan mempermudah proses menyusui bagi kamu dan si Kecil.

Inilah cara memberikan ASI yang benar

  • Kamu wajib menyusui sesegera mungkin pada periode 30 menit setelah si Kecil lahir, guna merangsang keluarnya ASI.
  • Di waktu pertama kali menyusui, kamu harus memberikan ASI selama lima menit pada masing-masing buah dada.
  • Nah, setelah itu jangka waktu lima menit menyusui bisa diperpanjang hingga 15 menit pada masing-masing payudara kamu.
  • Sebaiknya, sebelum menyusui kamu mencuci tangan terlebih dahulu dan puting susu dibersihkan dengan air hangat, lalu keringkan dengan kain bersih.
  • Ketika menyusui usahakan agar seluruh bagian lingkaran di sekitar puting (areola) masuk ke mulut si Kecil.

Cara menyusui dengan sikap duduk

  • Kamu harus duduk dengan posisi santai dan tegak. Sebaiknya gunakan ganjal selimut atau bantal, kemudian si Kecil ditidurkan di atas topangan tangan yang beralaskan selimut atau bantal tersebut.
  • Posisikan tangan kamu di sebelah buah dada yang akan disusukan dilipat untuk menopang leher si Kecil. Sedangkan untuk lengan dan telapak tangan, digunakan untuk menopang punggung dan bokong si Kecil.
  • Usahakan perut sang buah hati menempel pada badan kamu, telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.
  • Tangan kamu yang sebelah lagi memegang buah dada dan menjepit pangkal areola dengan dua jari.
  • Puting dan areola harus masuk ke dalam mulut bayi, perhatikan hidung bayi jangan sampai tertutup buah dada. Upayakan agar si Kecil tidak tertidur sewaktu menyusu.
  • Setelah selesai menyusu, si kecil di tempatkan pada bahu kiri dengan menyandarkan dada bayi pada bahu kamu sembari mengurut-urut bagian punggung sang buah hati untuk mengeluarkan udara (sendawa).

Cara menyusui dengan sikap berbaring

  • Kamu harus berbaring miring pada sebelah buah dada yang akan disusukan. Lalu ganjalkan dengan bantal.
  • Lengan kamu sebelah buah dada yang akan disusukan merapatkan si Kecil ke tubuh dengan jalan menopang leher, punggung, dan pantat bayi.
  • Setelah itu, tangan kamu sebelahnya membantu memasukkan puting ke dalam mulut si Kecil dengan menjepitnya menggunakan jari telunjuk dan jari tengah.
  • Upayakan agar si Kecil dan kamu tidak tidur sewaktu menyusui, ya!

 

Itulah berbagai cara memberikan ASI yang benar kepada si kecil. Dengan mempraktikkan beberapa cara di atas, kamu tidak akan kesulitan lagi dalam memberikan ASI kepada si Kecil. Konsumsilah dengan rutinHerbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsulyang mampu melancarkan aliran ASI. Ekstrak daun katuk pada Herbatia Sari ASI, memiliki polifenol yang berperan merangsang serta meningkatkan pelepasan prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon itulah yang akan bertanggung jawab terhadap kelancaran aliran susu ibu. Dapatkan masa menyusui yang menyenangkan!

 

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on