ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
31 Mei 2017
Yuk, Deteksi Gejala Keputihan yang Normal dan Abnormal

Keputihan sebetulnya hal yang lumrah terjadi pada setiap wanita. Terutama, yang sudah memasuki usia subur. Akan tetapi, bila berubah warna dan bau tak enak yang menyengat, tangani segera keputihan tersebut secepatnya. Cairanyang berawal dari kelenjar di dalam organ kewanitaan dan leher rahim ini ternyata mempunyai khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Keputihan dapat membawa keluar sel-sel mati serta bakteri dari dalam tubuh seorang wanita. Tujuannya untuk membantu mencegah infeksi vagina dan menjaganya selalu bersih dan terhindari dari berbagai penyakit. Tetapi, beberapa gejala keputihan dapat menunjukan kamu mengalami keputihan tidak normal, lho. Yuk, kenali lebih jauh melalui uraian berikut.

Keputihan Normal

Khusus wanita yang belum menopause, keluarnya lendir keputihan yang bening dan tak berbau di area miss V sampai satu sendok teh (2-5 ml) tiap hari sangat normal. Tetapi, banyakny dan tingkat kekentalan keputihan tiap wanita itu bisa bervariasi. Keputihan biasanya akan menjadi lebih kental di waktu-waktu tertentu. Contohnya, pada saat ovulasi, gairah seksual, dan saat menggunakan alat kontrasepsi. Jika kamu ingin mengurangi timbulnya keputihan berlebih, konsumsi saja Herbatia Sari Putih. Adanya lima komponen herbal seperti kacip fatimah, manjakani, pagagan, kulit delima, dan sirih menjadikan Herbatia Sari Putih bersifat anti bakteri dan jamur. Ini membuat miss V kamu tidak mengalami gatal berlebih dan bau tak sedap pada organ kewanitaan.

Keputihan Tidak Normal

Terbiasa membersihkan miss V dengan produk pembersih kemaluan berpewangi juga bisa menyebabkan keputihan tidak normal, lho. Bahkan, terbiasa menggunakan sabun yang mengandung antiseptik justru membuat miss V kamu tidak sehat. Begitu pula akibatnya jika kamu suka menggunakan pantyliners tiap hari, serta mengenakan pakaian luar atau dalam yang ketat. Keputihan yang normal, juga tidak boleh dibiarkan saja. Tapi juga penting untuk kamu perhatikan kondisinya. Mulai dari infeksi jamur hingga kanker serviks. Kamu dapat mengenali penyakit yang mungkin merupakan salah satu gejala keputihan yang berbahaya, antara lain:

  • Vaginosis bakteri, yakni infeksi ringan pada miss V yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan (patogen). Penyakit ini dapat keputihan berubah warna menjadi kuning, putih atau abu-abu yang disertai dengan bau amis, perih, kemerahan, serta pembengkakan pada vagina, atau vulva.
  • Penumpahan lapisan rahim sesudah kamu melahirkan. Kondisi ini membuat keputihan dapat berubah warna menjadi merah muda.
  • Trikomoniasis, yakni penyakit menular seksual karena organisme kecil bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini menjadikan keputihan menjadi berwarna kuning atau berbusa, kehijauan dan bau tak sedap. Trikomoniasis juga menyebab vagina menjadi nyeri tiap buang air kecil.
  • Penyakit seksual menular ini dapat menimbulkan keputihan berwarna keruh atau kuning yang disertai nyeri panggul, perdarahan di luar siklus haid, serta keluarnya urine tanpa disadari.
  • Siklus menstruasi tak teratur, bahkan kanker serviks serta kanker endometrium. Tiga kondisi tersebut dapat menyebabkan keputihan menjadi cokelat atau kemerahan yang disertai nyeri panggul dan perdarahan di vagina.

Apabila kamu sedang mengalami gejala keputihan seperti di atas, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter demi mendapatkan perawatan yangtepat dan cepat. Jika kamu ingin mengurangi keputihan berlebih yang membuat tak nyaman, konsumsilah Herbatia Sari Putih. Terdapat pegagan, manjakani, kacip fatimah, sirih, dan kulit delima yang menjadikan Herbatia Sari Putih mampu mengatasi keputihan dengan membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan. Bahkan, mengurangi lendir berlebih pada miss V dan mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap.

 

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on