ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
30 Mei 2017
Kebiasaan Sederhana untuk Melancarkan ASI dengan Cepat

Memperbanyak produksi Air Susu Ibu (ASI) merupakan sebuah tantangan bagi ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin anak saat fase pertama periode tumbuh kembang. Terlebih, merawat bayi baru lahir tak hanya mengandalkan perawat kesehatan. Orang tua harus memiliki pengetahuan seputar kesehatan maupun perawatan dasar bagi bayi dan juga cara melancarkan ASI.

Bagaimanakah cara memperbanyak ASI?

Usaha untuk melancarkan ASI tak hanya bisa dilakukan melalui mengonsumsi berbagai makanan yang tepat. Nah, berikut masih ada cara lain yang perlu kamu terapkan.

 

  1. Pompa ASI
    Memompa ASI tak hanya untuk persediaan, tapi juga sangat baik untuk merangsang agar produksi air susumeningkat saat menyusui. Sangat dianjurkan agar kamu menggunakan pompa ASI berkualitas, steril, dan melakukan penyimpanan sesuai dengan anjuran dokter atau bidan. Jadi, kamu bisa memompa atau menyusui setidaknya 8 kali per-24 jam. Setiap kali memompa, lakukanlah untuk kedua payudara. Selain itu, terapkan ritme memompa atau menyusui yang teratur agar produksi ASI juga teratur.
  1. Hindari stres
    Kondisi psikis ibu menyusui juga berhubungan pada kemampuan produksi ASI. Itulah alasannya mengapa ibu menyusui perlu menjaga pikirannya agar lebih relaks dan segar. Pada hal ini, suami juga perperan pentinguntuk menjaga suasana hati istri agar lebih positif. Lakukanlah pijatan lembut disertai canda gurau agar ibu menyusui menjadi lebih merasa bahagia. Apabila ini dilakukan terus-menerus, payudara akan memproduksi ASI lebih banyak.
  1. Tingkatkan rangsangan
    Memberikan rangsangan ASI bisa menjadi cara tepat untuk melancarkan ASI kamu, lho. Caranya, dengan memperbesar bagian kulit yang bersentuhan langsung antara bayi dan ibu. Contohnya, jika di rumah ibu menyusui menggunakan baju tanpa bra dan bayi tanpa mengenakan baju tapi menggunakan selimut agar tidak masuk angin. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi Herbatia Sari ASI untuk meningkatkan rangsangan ASI dari dalam. Adanya kandungan daun katuk, menjadikan Herbatia Sari ASI mampu merangsang pelepasan hormon prolaktin dengan efektif untuk meningkatkan produksi ASI.

 

  1. Jauhkan empeng
    Terkadang, empeng masih menjadi trik untuk para ibu agar bayinya “sibuk”. Tujuannya, agar bayi tidak rewel serta mudah menangis. Ya, hal itu memang ada benarnya, akan tetapi juga berisiko mengurangi produksi ASI. Hal itu disebabkan karena bayi bisa merasa lelah dengan empeng atau dot-nya, sehingga proses menyusu menjadi kurang optimal. Di samping itu, bayi baru lahir juga bisa mengalami kebingungan untuk mengenali mana puting sebenarnya.
  1. Inisiasi menyusui dini

    Rencanakanlah untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) saat ibu masih dalam fase kehamilan. Maksudnya, menyusui si kecil kurang lebih selama satu jamsesudah proses persalinan. Inisiasi dini amat penting karena memastikan bayi memperoleh susu pertama yang disebut dengan 'colostrum’, zat penting untuk dapat mempertahankan kesehatan si kecil. Inisiasi sejak dini, juga diyakini mampu sebagai cara alamimelancarkan ASI yang efektif.

Kamu harus ingat, tidak ada satupun produk susu formula yang bisa mengimbangi kehebatan ASI. Jadi, sebisa mungkin berikanlah ASI untuk bayi baru lahir sampai 6 bulan secara eksklusif dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Ada baiknya, jika kamu juga mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang memiliki kandungan biji klabet, ya. Kandungan senyawa kimia diosgenin di dalam biji klabet tersebut, mampu memfasilitasi sistesa hormon prolaktin dan oksitosin. Yuk, konsumsi Herbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsul demi melancarkan ASI dengan segera.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on