ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
10 Juli 2017
Penyebab Keputihan Seperti Susu yang Tidak Normal

Fluor albus atau keputihan yaitu proses pelepasan atau sekresi vaginal pada wanita. Pada dasarnya, keputihan dapat digolongkan menjadi dua golongan yakni fisiologi (normal) dan patologis (abnormal).Keputihan fisiologis yaitu keputihan yang biasanya terjadi tiap bulannya. Umumnya, muncul menjelang menstruasi atau setelah menstruasi ataupun masa subur. Tapi, apa jadinya jika keputihan seperti susu berlebih kamu alami? Apakah itu aman?

Apa itu keputihan seperti susu?

Keputihan patologis bisa disebabkan oleh infeksi yang biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di area bibir vagina bagian luar. Adapun beberapa penyebab yang menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, jamur atau juga parasit. Infeksi ini bisa merambat dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga adanya rasa pedih saat si penderita buang air kecil. Keputihan merupakan hal yang paling mengganggu bagi para wanita. Jika sudah mempunyai pasangan, kemungkinan penyakit ini juga dapat mengganggu. Sebenarnya, apa saja faktor yang menyebabkan keputihan ini muncul di daerah sensitif kamu? Yuk, ketahui jawabannya pada uraian berikut.

  • Mikroba Penyebab Keputihan
    Bakteri normal yang berlebihan pada vagina, disebut dengan faktor vaginitis. Gejalanya, keputihan menggumpal seperti susu basi serta kemerahan pada area kelamin. Pada keadan normal, jamur ini ada di kulit maupun pada lubang kemaluan. Pada kondisi tertentu, jamur tersebut menyebar hingga menimbulkan keputihan. Tenang, kamu bisa mengurangi keputihan tersebut dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari Putih yang mengandung kacip Fatimah di dalamnya. Komponen herbal yang ada, membuat Herbatia Sari Putih memiliki hormon estrogen dan efektif sebagai anti jamur yang kuat bagi kamu yang memiliki keputihan berlebih.

  • Usia Lanjut
    Keputihan seperti susu biasanya juga muncul pada wanita usia lanjut, bahkan terkadang cairan keputihan keluar disertai darah. Hal ini dikarenakan, lapisan vagina yang menipis seiring bertambahnya usia. Hal yang sama bisa terjadi pada wanita, yang belum memasuki masa pubertas, pengidap kencing manis, dan seseorang yang sudah memasuki fase menopause. Lapisan selaput lendir vagina pada kelompok wanita tersebut mengisut dan tipis. Jadi, jika kamu mengalaminya pada usia lanjut, tak perlu cemas, ya, jika tidak diserta gejala lainnya.

  • Benda Asing di Vagina
    Organ intim kewanitaan, bagaikan lorong terbuka yang bisa membuat benda asing mudah masuk ke dalamnya. Entah itu sisa pembalut, kapas, atau mungkin kondom merupakan benda-benda asing yang bisa tertinggal di dalam vagina, yang menyebabkan terjadinya keputihan. Bahkan, pada anak perempuan bisa saja kemasukan biji kacang, kancing, hingga benda tajam. Jika salah satu benda tersebut sudah terlalu lama, maka vagina akan membusuk dan menyebabkan keputihan.
  • Terlalu Sering Dibersihkan
    Terlalu sering membersihkan vagina dengan antiseptik, sesungguhnya tidak menyehatkan, lho. Bahkan, bakteri yang bersifat baik bagi tubuh akan ikut terbunuh oleh antisepsik tersebut. Padahal kuman-kuman itu, turut membantu membentuk suasana asam di area vagina yang mampu untuk mengusir bibit penyakit. Jika kamu ingin membersihkan miss V, sebaiknya bersihkanlah dengan air biasa saja dan imbangi pula dengan Herbatia Sari Putih untuk membersihkan miss V dari dalam. Pegagan di dalamnya, membuat Herbatia Sari Putih mengandung asiaticoside yang mempunyai aktivitas anti mikroba pada jamur dan bakteri.

Beberapa penyebab terjadinya keputihan seperti susu di atas harus kamu perhatikan, ya. Ingat, hindari pula membersihkan miss V sembarangan. Terapkanlah pula cara alami untuk mengurangi keputihan agar lebih aman.

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on