ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
10 Juli 2017
Wanita Wajib Tahu Ciri-Ciri Keputihan yang Normal

Masalah yang kerap kali dialami oleh wanita adalah keputihan. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan juga menurunkan rasa percaya diri, terutama untuk wanita yang sudah menikah. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari miss V berfungsi untuk membersihkan sistem reproduksi wanita. Keputihan terjadi ketika kamu memasuki masa subur, baik itu sebelum atau sesudah. Selain itu, keputihan juga sering timbul ketika kamu mendapat rangsangan. Keputihan digolongkan menjadi dua, yakni keputihan yang normal dan keputihan tidak normal.

Apapun jenis keputihan yang sedang dialami, kamu segera mengatasinya dengan mengonsumsi Herbatia Sari Putih terbuat dari bahan herbal seperti manjakani, pegagan, sirih, kulit delima, dan kacip fatimah. Semua kandungan alami tersebut mampu mengatasi keputihan dengan mengurangi lendir berlebih pada organ kewanitaan. Konsumsilah secara teratur minimal 3 kali sehari 1 kapsul. Hentikan konsumsi menjelang periode menstruasi dan bisa kamu lanjutkan setelah masa menstruasi berakhir. Nah, untuk mengetahui normal atau tidaknya keputihan yang sedang kamu alami. Berikut adalah perbedaan keputihan normal dan tidak normal yang wajib kamu kenali:

  • Cairan. Keputihan normal cairan yang keluar ialah encer, sedangkan bila keputihan tidak normal cairan akan berbentuk kental.
  • Warna cairan. Nah, untuk keputihan normal, cairan bisa berwarna transparan atau bening. Sementara keputihan tidak normal, cairan bisa berwarna putih susu sampai kuning.
  • Cairan lengket dan tidak. Apabila kamu mengalami keputihan normal, cairan yang keluar tidak lengket, sedangkan untuk keputihan tidak normal cairannya lengket.
  • Bau. Keputihan yang normal tidak menimbulkan bau, sementara keputihan tidak normal akan menimbulkan bau yang tak sedap.
  • Gatal. Gatal pada saat sedang mengalami keputihan menunjukkan bahwa kamu mengalami keputihan tidak normal. Ini karena keputihan yang normal tidak akan menimbulkan gatal.
  • Jumlah cairan. Jumlah cairan yang keluar sedikit berarti kamu mengalami keputihan normal. Tapi, bila cairan yang keluar ketika keputihan banyak dan bahkan meninggalkan bercak pada celana dalam, sudah pasti kamu mengalami keputihan tidak normal.

Setelah kamu mengetahui beberapa ciri-ciri keputihan yang sedang dialami, sekarang saatnya untuk kamu mengatasi keputihan tidak normal. Apakah kamu tahu? Daun sirih mempunyai khasiat yang cukup banyak untuk mengobati penyakit serta menambah kecantikan wanita. Salah satu khasiat daun ini untuk wanita ialah dapat mengobati keputihan. Manfaat ini bisa didapatkan karena daun sirih mempunyai kandungan antiseptik, antibakteri, serta mampu menghilangkan bau tidak sedap, baik itu masalah bau badan atau bau akibat keputihan. Cara penggunaanya kamu rebus beberapa lembar daun sirih, diamkan beberapa jam sampai air rebusan tersebut dingin. Setelah itu, kamu gunakanlah air rebusan tersebut untuk mencuci vagina. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai aroma yang tak sedap bisa hilang dan kamu pun terbebas dari gangguan keputihan. Jika kamu ingin cara yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan Herbatia Sari Putih yang bisa membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Seiring dengan mengonsumsi obat herbal yang bisa menjadi pilihan, ada baiknya kamu memeriksakan kesehatanmu ke dokter. Pastinya kamu akan ditanya apa saja keluhannya secara detail. Tak hanya itu, kemungkinan dokter juga akan meriksa miss V juga, serta mengambil contoh keputihanmu. Apabila diperlukan, darah kamu pun bisa diperiksa. Hindari penggunaan pembersih kimia pada vagina, karena justru dapat menyebabkan gangguan keseimbangan asam di dalamnya. Ketika berkonsultasi pada dokter, kamu juga perlu memberitahu apakah kamu aktif dalam berhubungan badan. Pastikan kamu mengetahuikeputihan yang normal atau tidak sebagai langkah pengobatan yang cepat. Selamat mencoba!

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on