ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
20 Juli 2017
Ragam Manfaat Kolostrum ASI yang Penting bagi Si Kecil

ASI menjadi satu-satunya makanan yang diperlukan oleh bayi hingga berusia 6 bulan. ASI pun mempunyai beragam keunggulan, serta keistimewaan yang dapat mengoptimpalkan tumbuh kembang si kecil. Salah satu alasan seorang ibu tidak bisa menyusui karena ASI di masa awal menyusui atau tepat setelah melahirkan tidak berwarna putih. Anggapan ini keliru! Padahal, kolostrum ASI sangat diperlukan oleh bayi. ASI pertama memang bukan berwarna putih, melainkan berwarna sedikit kekuning-kuningan. Kamu wajib tahu, jika ASI pertama lebih banyak mengandung protein serta rendah lemak. Faktor penting inilah yang menjadikan ASI pertama sangat menunjang kesehatan dan tumbuh kembang buah hati kamu.

Apa itu Kolostrum ASI?

Kolostrum yakni cairan berwarna kekuningan yang keluar pertama kalinya sebelum ASI. Pada minggu-minggu terakhir kehamilan sampai waktunya melahirkan, kolostrum telah diproduksi oleh tubuh ibu. WHO sudah merekomendasikan, pemberian kolostrum sebagai makanan pertama untuk bayi yang baru lahir karena komposisi idealnya. Bahkan kolostrum tak hanya penuhi kebutuhan gizi bayi yang baru lahir, tapi juga melindungi bayi karena mampu mengaktivasi sistem imun. Nah, berikut ini terdapat manfaat ASI pertama yang kaya akan kolostrum. Mau tahu? Yuk, simak uraiannya sebagai berikut.

  • Aman bagi sistem pencernaan

Sistem pencernaan bayi yang baru saja lahir belum sempurna, sehingga bayi sangat membutuhkan makanan yang mudah dicerna. Akan tetapi, ASI pertama yang dikonsumsi bayi termasuk “ramah” bagi pencernaan bayi. Umumnya, ASI pertama memiliki vitamin A dan protein dalam jumlah berlimpah. Terlebih, kandungan kolostrum dalam ASI pertama sangatlah rendah lemak, karbohidrat, dan mineral potasium.

  • Membersihkan sisa metabolisme

Ya, kolostrum memang memiliki ragam nutrisi dan juga protein yang baik bagi buah hatimu. Bahkan, kolostrum sangat berkhasiat untuk membersihkan metabolisme yang tersisa selama ia masih berada dalam kandungan. Jika kamu ingin kolostrum ASI keluar dengan lancar, konsumsi saja Herbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsul. Berasal dari bahan alami pilihan seperti daun katuk, menjadikan Herbatia Sari ASI mmpu merangsang pelepasan hormon prolaktin untuk meningkatkan produksi ASI.

  • Melindungi usus bayi

Kolostrum telah didesain khusus sedemikian rupa melindungi usus bayi ketika mencerna makanan, lho. hal itu disebabkan adanya kandungan zat antibodi yang disebut sekretori immunoglobulin A. Zat ini nantinya yang akan melapisi saluran cerna. Manfaatnya, agar kuman berbahaya tidak tembus begitu saja ke dalam aliran darah. Bahkan, bisa melindungi bayi sampai sistem imun (sistem kekebalan tubuh) bekerja dengan sempurna.

Bagaimana jika bayi tidak bisa langsung menerima kolostrum?

Memang, idealnya bayi diberikan kolostrum secara langsung atau beberapa jam usai lahir. Namun, terdapat beberapa kondisi yang mengharuskan ibu, atau bayi menerima perawatan usai proses kelahiran. Inilah yang menyebabkan bayi tidak bisa langsung menerima kolostrum atau ASI. Bahkan, ada pula kondisi medis tertentu yang menyebabkan seorang ibu tidak dapat langsung menyusui sang bayi. Kondisi ini dapat diatasi dengan pemerahan sebelum melahirkan. Kamu juga bisa melancarkan ASI dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari ASI. Biji klabetnya di dalamnya membuat Herbatia Sari ASI mempunyai senyawa kimia diosgenin. Manfaatnya, mampu memfasilitasi sistesa hormon prolaktin dan oksitosin sehingga dapat meningkatkan aliran ASI kamu.

Jadi, jangan sedih, ya, bila ASI yang keluar pertama kali tidak bewarna putih. Justru, kolostrum ASI tersebut mempunyai manfaat melimpah untuk buah hatimu. Kolostrum penting ini hanya ada selama beberapa hari usai kamu melahirkan. Yuk, dukung tumbuh kembang si kecil mulai sejak dini.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on