ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
31 Mei 2017
Komposisi ASI Inilah yang membuat ASI Berkualitas

Air Susu Ibu (ASI) menjadi makanan paling tepat yang diberikan ibu pada buah hatinya. Komposisi ASI dapat berubah menurut stadium penyusuan (susu matur, kolostrum, susu peralihan) yang sesuai pada kebutuhan bayi distadium. Bahkan, pemberian ASI tak mungkin sama persis dengan pemberian susu formula. Adapun komposisi zat-zat yang terdapat dalam ASI adalah karbohidrat, vitamin, lemak, protein, mineral dan air dengan komposisi seimbang dan sesuai dengan keperluan bayi. ASI memililki 200 zat gizi sehingga dapat memberikan kekebalan buat bayi sampai 20 kali lipat. Nah, berikut ini terdapat komposisi zat-zat gizi yang ada pada ASI.

  • Hidrat Arang
    Zat hidrat arang di dalam ASI dalam pasalnya berbentuk laktosa, jumlahnya akan berganti-ganti tiap hari sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi. Contohnya, kebutuhan hidrat arang pada kolostrum tiap 100 ml ASI 5, 3 gram. Pada ASI peralihan 6, 42 gram, ASI hari ke sembilan yakni 6, 72 gram. ASI hari ke-30 sebanyak 7 gram, ASI minggu ke-34 yaitu 7,11 gram. Rasio total laktosa dalam ASI dan PASI yaitu 7:4. Maksudnya, ASI terasa lebih manis bila dibandingkan dengan PASI (pengganti ASI). Kondisi ini pula yang menyebabkan bayi yang telah mengenal ASI dengan baik cenderung tak ingin minum PASI.

  • Galaktosa
    Galaktosa adalah nutrisi paling penting untuk mendukung pertumbuhan jaringan otak dan kebutuhan nutrisi medulla spinalis. Artinya, untuk pembentukan mielin atau selaput pembungkus sel saraf. Mulai dari hasil penelitian, semakin tingginya kadar laktosa dari jenis susu mamalia tersebut, pertumbuan otaknya juga akan semakin besar. Ingat, laktosa sangat penting untuk pertumbuhan yang menjadi sumber utama kalori bagi serabut saraf otakmu. Laktosa akan meningkatkan penyerapan kalsium fosfor maupun magnesium yang amat penting untuk pertumbuhan tulang. Terutama, saat masa bayi dalam proses pertumbuhan gigi serta perkembangan tulang.
  • Protein
    Protein ASI adalah bahan baku untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi. Protein ASI amatlah tepat, sebab hampir semua unsur protein terserap olah sistem pencernaan si kecil. Ini dikarenakan, protein ASI adalah kelompok protein whey (protein yang bentuknya lebih halus). Sedangkan komposisi ASI protein yang ada pada ASS atau air susu sapi yakni kelompok kasein yang tidak halus, bergumpal, dan sangat sulit dicerna oleh usus bayi. Kamu bisa memastikan protein yang didapatkan bayi bisa terpenuhi dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari ASI 3 kali sehari 1 kapsul. Tak perlu khawatir mengonsumsinya, Herbatia Sari ASI berasal dari bahan herbal seperti daun katuk. Hal ini membuat Herbatia Sari ASI mampu merangsang pelepasan prolaktin dengan efektif guna meningkatkan produksi ASI, sehingga protein yang dibutuhkan bayi dapat terpenuhi.

  • Lemak
    Salah satu komposisi ASI lainnya yaitu lemak. Kadar lemak pada ASI awalnya rendah kemudian jumlahnya meningkat. Lemak ASI berubah kadarnya tiap kali diisap oleh bayi yang terjadi dengan otomatis. Komposisi lemak di lima menit pertama, isapan akan berbeda saat 10 menit kemudian. Kadar lemak pada saat hari pertama berbeda pada hari kedua, dan akan berubah sesuai perkembangan bayi dan kebutuhan energi yang diperlukan bayi. Lemak ASI menjadi kebutuhan sel jaringan otak bayi, sangat mudah dicerna serta memiliki jumlah yang cukup tinggi. Lemak ASI mudah dicerna oleh bayi karena ASI memiliki kandungan lipase yang bisa mengolah lemak trigliserida menjadi digliserida.

Komposisi ASI di atas sangatlah penting untuk pertumbuhan bayi. Jadi, kamu harus lebih menjaga kualitas ASI, ya. Caranya, kamu bisa mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang memiliki biji klabet di dalamnya. Hal ini membuat Herbatia Sari ASI mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin dengan efektif dalam memperlancar aliran ASI.

 

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on