ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
05 Juli 2017
3 Makanan untuk Melancarkan ASI yang Jarang Diketahui

Makanan dan minuman untuk bayi yang baru saja dilahirkan adalah ASI. Hingga berumur 6 bulan, si kecil baru boleh makan dan minum ASI saja. Nah, setelah usia bayi di atas enam bulan barulah kamu bisa memberinya makanan pendamping ASI dan susu formula. ASI sangat penting untuk kesehatan, kekebalan, dan kecerdasan si kecil. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai macam makanan untuk melancarkan ASI yang paling tepat. Banyak jenis makanan yang mudah dijumpai mampu memperbanyak ASI. Sayangnya, tidak semua Ibu menyusui tahu bahwa makanan tersebut dapat berguna dalam memproduksi ASI. Di bawah ini terdapat berbagai macam makanan yang terbukti dapat digunakan untuk memperbanyak produksi ASI yakni:

  • Jambu Air

Salah satu makanan untuk melancarkan ASI adalah jambu air. Buah ini kaya kalsium, fosfor, vitamin A, C, dan zat besi. Kandungan kalsiumnya mampu meningkatkan fungsi saraf dan otot, serta vitamin A-nya berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh si kecil dan meningkatkan ketahanan terhadap radang maupun infeksi. Buah dengan kadar air sangat tinggi ini bersifat mendinginkan sehingga berefek rasa memenangkan ketika dimakan. Selain itu, buah ini juga bisa menetralisir rasa tertekan pada Ibu pasca melahirkan. Caranya, kamu makan langsung atau konsumsi dengan bumbu rujak. Kamu juga perlu imbangi langkah ini dengan mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang mampu meningkatkan produksi ASI secara efektif.

  • Kacang Hijau

    Kacang hijau merupakan sayuran yang kaya zat besi, magnesium, fosfor, kalium, protein, vitamin B1, dan mangan. Kacang hijau juga sangat baik untuk sumber protein nabati. Vitamin B1 mengubah karbohidarat menjadi energi. Hal ini karena, Ibu menyusui membutuhkan energi lebih besar dibanding pada saat hamil. Jika kekurangan vitamin B1 kamu jadi sulit konsentrasi, mudah tersinggung, dan kurang bersemangat. Suasana hati yang baik bisa memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI. Maka disarankan untuk selalu mengonsumsi kacang hijau selama hamil dan menyusui. Kamu bisa jadikan kacang hijau ini sebagai bubur atau jus yang terpenting kamu mengonsumsinya secara rutin.

  • Pare

    Jenis sayuran yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan ASI, kesehatan tulang, gusi dan pembuluh darah. Bahkan, juga mampu melindungi sel dari kerusakan, serta mendukung penyerapan zat besi lebih besar. Kandungan senyawa fitokimia lutein (zat tumbuhan yang terbentuk secara alami dan berwarna hijau) berkhasiat untuk merangsang produksi insulin. Terutama, bagi Ibu menyusui yang menderita diabetes mellitus sebab bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Pare juga dikenal sebagai antibiotik antivirus, antikanker, dan pembasmi cacing usus. Kamu bisa tumis makanan ini untuk menyamarkan rasa pahitnya. Tapi, bila tidak suka dengan sayuran yang satu ini kamu bisa ganti dengan Herbatia Sari ASI yang 100% berasal dari bahan herbal. Kandungan daun katuk di dalamnya, dapat merangsang pelepasan hormon prolaktin dengan efektif untuk meningkatkan ASI. Komponen herbalnya tentu sangat aman dikonsumsi tanpa efek samping.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan, menemukan makanan untuk melancarkan ASI agar selalu melimpah? Saat disarankan, ketika menyusui kamu tak hanya mengonsumsi satu jenis makanan pelancar ASI saja. Konsumsilah makanan yang lebih bervariasi agar kamu tidak bosan mengonsumsinya setiap hari. Yuk, dukung tumbuh kembang si kecil dengan mengonsumsi makan-makanan sehat mulai sekarang!

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on