ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
31 Mei 2017
5 Langkah Sehat Mencegah Keputihan dan Gatal Berlebih

Seorang wanita tentu sudah biasa mengalami keputihan. Reaksi keputihan memang sangatlah lumrah terjadi dan umumnya muncul ketika menjelang masa menstruasi. Hal yang paling perlu kamu perhatikan yaitu kondisi keputihan tersebut. Keputihan bisa tergolong atas beberapa ciri yakni penuh air, hijau kekuningan, lengket, dan bau yang khas. Setiap tanda keputihan yang berbeda-beda memberi petunjuk tentang kondisi kesehatan reproduksi seseorang wanita. Melihat berbagai macam keputihan yang begitu banyak, maka penting bagi mengetahui mengetahui cara mencegah keputihan. Berikut ini ada cara yang bisa kamu terapkan, ya.

  1. Jagalah Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar
    Cara mencegah keputihan paling ampuh yaitu menjaga kebersihan seputar miss V. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menjaga kebersihan pakaian dalam maupun luar. Biasakan untuk menggunakan jenis pakaian dalam yang berasal dari bahan katun. Bahan tersebut dapat menyebabkan area vagina jadi tak lembab dan kering. Hindari memakai bahan sintetis, ya, karena panas dan menghasilkan keringat yang terlalu berlebih. Di luar itu, untuk pakaian luar hindari pula menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakanlah celana yang longgar, sehingga daerah reproduksi jadi lebih nyaman
  1. Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Vagina
    Pemakaian cairan pembersih vagina justru dapat meningkatkan jumlah keputihan. Sejumlah bahan kimia di dalamnya dapat merusak Ph yang secara alami ada di dalam miss V. Jika kamu ingin menjaga kebersihan vagina, sebaiknya konsumsilah Herbatia Sari Putih yang mampu menjadi antiseptik dari dalam. Tak hanya bebas efek samping, Herbatia Sari Putih juga mengandung fenol dan tanin yang bermanfaat sebagai antiseptik serta mengurangi sekresi cairan dalam vagina.

  1. Gunakan Biji Fenugreek
    Cara mencegah keputihan dengan cepat bisa memakai biji fenugreek, lho. Biji yang juga sering disebut dengan biji kablet ini akan membantumu dalam mengatasi keputihan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya. Biji klabet, bisa menambah jumlah Phpada organ intim kewanitaanmu. Cara mengolahnya, rendam satu sendok makan biji fenugreek pada air mineral hangat selama 24 jam. Kemudian, saring dan berikan satu sendok makan. Kemudian, minumlah airnya saat kamu belum makan pagi.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak
    Makanan berminyak terdapat kandungan lemak yang dapat mengakibatkan keputihan semakin bertambah. Makanan yang berminyak bisa mengakibatkan kandungan hormon dalam tubuhmu mengalami perubahan. Kandungan hormon yang tak seimbang inilah yang dapat mengubah cairan vagina menjadi keputihan yang berlebihan. Lebih jauh, makanan berminyak juga mengakibatkan proses metabolisme dalam tubuh menjadi terhambat. Jadi selama mengalami keputihan sebaiknya tidak konsumsi makanan berminyak, ya.

  1. Minum Air Rebusan Beras Putih
    Cara lain yang dapat mencegah keputihan dengan minum air rebusan dari beras putih. Air beras mempunyai kandungan bahan aktif yang mampu menyerang bakteri dan virus penyebab keputihan. Caranya, kamu bisa merebus beras putih yang sudah dicuci hingga bersih. Setelah mendidih, ambilah airnya serta tuangkan di gelas. Berikan satu sendok madu untuk menambah  manfaat dari air rebusan beras putih. Lalu minumlah pada saat masih hangat. Jika kamu melakukannya secara teratur, maka miss V kamu akan terjaga kesehatan dan kebersihannya.

Mencegah keputihan tidak boleh sembarangan, ya. kamu harus benar-benar tahu terlebih dahulu apa kandungan yang ada pada bahan alami tersebut. Lebih aman, konsumsilah Herbatia Sari Putih yang sudah jelas berasal dari bahan alami yang sangat aman. Herbatia Sari Putih mengandung asiaticoside alami yang mempunyai aktivitas anti mikroba terhadap bakteri dan jamur.

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on