ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
11 Juli 2017
Berbagai Penyebab dan Tips Mengatasi ASI Berkurang

ASI adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh si Kecil dengan memberikan ASI sejak ia lahir hingga minimal enam bulan, bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan anak. Selain itu, ASI juga membantu menjaga kesehatan si Kecil dengan kandungan antibodi alami yang mampu mencegah infeksi. Perlu kamu tahu, bahwa bayi berusia di atas enam bulan masih membutuhkan waktu adaptasi dengan beberapa makanan serta minuman yang diberikan. Ini karena proses pencernaannya belum sempurna. Dengan memberikan ASI secara eksklusif,bisa membantu pencernaan bayi dengan baik. Manfaat ASI selanjutnya ialah bisa membantu mengurangi risiko obesitas serta membantu mencegah beberapa penyakit di masa yang akan datang. Tapi bagaimana jika ASI berkurang? Di bawah ini ada berbagai penyebab dan cara mengatasi ASI yang tidak lancar.

Penyebab ASI berkurang

  • Pemakaian alat kontrasepsi hormonal
    Ibu menyusui yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal, pasti merasakan perubahan pada produksi ASI lama kelamaan berkurang secara signifikan. Pada dasarnya setiap Ibu menyusui memiliki kondisi yang berbeda, beberapa Ibu tidak mengalami masalah walau menggunakan kontrasepsi hormonal. Jika ditemukan penyebab alat kontrasepsi hormonal seperti pil kb, maka menghentikan pemakaian tersebut bisa membantu untuk mengembalikan produksi ASI.

  • Jarang Menyusui Bayi

Payudara yang jarang kosong bisa mengakibatkan terganggunya produksi ASI. Jadi, dengan menyusui si Kecil sesering mungkin dapat membantu produksi ASI walau ASI sedikit tapi hisapannya membantu meningkatkan produksi ASI. Dengan begitu, kamu tidak boleh patah semangat untuk tetap memberikan kesempatan si Kecil mendapatkan ASI. Tak hanya bermanfaat besar bagi tumbuh kembangnya, namun juga meningkatkan produksi ASI itu sendiri.

Cara mengatasi ASI berkurang

  • Menjaga asupan makanan
    Ibu menyusui perlu mencoba untuk mengonsumsi makanan dengan baik serta minum cukup air putih. Apabila minum air dengan cukup,kamu bisa mendapatkan pasokan ASI yang berlimpah. Disarankan untuk minum air putih 6 hingga 8 gelas per hari. Ibu menyusui membutuhkan minimal 1.800 kalori setiap hari ketika menyusui. Selain itu, kamu juga bisa harus mengonsumsi Herbatia Sari ASI mampu meningkatkan produksi ASI secara efektif.
  • Cobalah memijat payudara dengan lembut
    Hal ini bisa menggunakan kompresi payudara dengan cara yang mudah, sederhana, dan efektif untuk membantu si Kecil mendapatkan lebih banyak ASI. Bayi yang baru lahir akan sering tertidur sehingga membuat aliran ASI melambat. Mengompres payudara bisa membantu untuk melanjutkan aliran ASI setelah si Kecil mulai tertidur ketika menyusui.

  • Mengonsumsi sayuran
    Berbagai makanan terbukti ampuh untuk memperbanyak ASI. Seperti daun katuk, buah pare, wortel, bayam, pepaya, bawang putih, dan kacang-kacangan. Cukupi kebutuhan gizi kamu dan sebisa mungkin hindari beberapa makanan yang dapat menghambat produksi ASI, misalnya coklat, kopi, teh, dan makanan pedas.

Itulah berbagai penyebab dan cara mengatasi ASI berkurang yang perlu kamu ketahui. Sayangi si Kecil dan hindarkan dari berbagai zat yang berbahaya untuk tubuhnya. Disarankan untuk rutin mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang terbuat dari herbal alami seperti biji klabet dan daun katuk. Semua kandungan tersebut bisa memperlancar aliran ASI sehingga menjadi melimpah. Asalkan kamu mengonsumsinya secara teratur, sebanyak 3 kali sehari 1 kapsul. Herbatia Sari ASI bisa diminum sampai produksi ASI memenuhi kecukupan dan persediaan cadangan harian.Nikmati masa menyusui yang menyenangkan sekarang juga.

 

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on