ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
16 Agustus 2017
Pentingnya ASI bagi Bayi Sangat Luar Biasa, Lho!

Sebagian besar penelitian, telah mengakui bahwa air susu ibu (ASI) menjadi makanan alami terbaik untuk sang buah hati. Pemberian ASI eksklusif tanpa makanan tambahan apa pun sangat disarankan untuk bayi sampai berumur 6 bulan. Akan tetapi, tingkat pemberian ASI eksklusif di Indonesia sendiri masih tergolong rendah, yaitu sebesar 42% berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2013 lalu. Padahal, pentingnya ASI bagi bayi tentu sangat berpengaruh besar terhadap tumbuh kembang si kecil.

Rendahnya pemberian ASI eksklusif ini disebabkan oleh berbagai faktor. Contohnya, ASI yang sulit keluar, kesibukan ibu, sampai kurangnya pengetahuan ibu mengenai manfaat ASI. Yuk, segera kenali manfaat ASI untuk si kecil pada uraian berikut.

  1. Melindungi bayi dari berbagai penyakit
    Kolostrum, cairan pra-susu yang dihasilkan ibu pada tahap akhir kehamilan sampai beberapa hari pasca kelahiran. Cairan ini kaya akan senyawa imunoglobin A (IgA). Senyawa ini mampu membentuk lapisan pelindung membran mukosa pada hidung, usus, dan tenggorokan bayi untuk melawan segala penyakit. IgA juga diproduksi secara spesifik sesuai pada respon tubuh ibu pada virus dan bakteri patogen tertentu, sehingga amat sesuai pada kondisi bayi. Ibu yang melahirkan secara prematurpun menghasilkan ASI khusus yang tepat dan juga aman untuk sang bayi. Susu ini memiliki komposisi mirip dengan kolostrum yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Terutama, di satu bulan pertama usai melahirkan. Jadi, jangan sampai produksi ASI berkurang, ya. Kamu bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari ASI. Memiliki ekstrak daun katuk yang mengandung polifenol, Herbatia Sari ASI mampu merangsang dan meningkatkan pelepasan hormon peningkat ASI. Hormon tersebut adalah prolaktin dan oksitosin yang akan bertanggung jawab pada kelancaran produksi ASI.

 

  1. Meningkatkan kecerdasan bayi
    Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara pemberian ASI dan perkembangan fungsi kognitif anak. Salah satunya, sudah lebih dari 17 ribu bayi diikuti perkembangannya dari lahir sampai berusia 6,5 tahun. Buah hati yang diberikan ASI eksklusif dan masih disusui sesudahnya, terdapat peningkatan perkembangan kognitif yang lebih signifikan dilihat dari hasil tes IQ. Bayi prematur dengan berat badan amat rendah yang langsung disusui ASI, juga mengalami peningkatan perkembangan mental saat usia 18 bulan ketimbang bayi prematur lain. Bahkan, ikatan emosional antara ibu dan bayi ketika menyusui dianggap berkontribusi untuk meningkatkan kecerdasan otak tersebut. Tapi, kandungan asam lemak dalam ASI-lah yang memainkan peranan terpenting. Pentingnya ASI bagi bayi dapat mempengaruhi pertumbuhannya, bukan?

  1. Menurunkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi
    Sindrom kematian mendadak pada bayi atau SIDS menjadi salah satu hal yang palng ditakuti para orang tua. Segala penelitian dilakukan guna menyelidiki sindrom yang biasanya menyerang bayi di bawah usia 1 tahun ini. Pusat Disease Control and Prevention America sangat menganjurkan pemberian ASI untuk menurunkan risiko SIDS. Para ahli mengemukakan bahwa pemberian ASI, baik eksklusif ataupun tidak berhubungan dengan rendahnya kejadian SIDS. Sementara National Institute of Environmental Health Science mengatakan, bahwa risiko kematian bayi yang diberi ASI saat umur 28 hari – 1 tahun lebih rendah 20% ketimbang yang tidak.

Pentingnya ASI bagi bayi di atas, tentu tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Jika ASI kamu tidak lancar, atasi segera dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari ASI yang 100% berasal dari bahan alam. Terdapat biji klabet di dalamnya, Herbatia Sari ASI mempunyai senyawa kimia diosgenin. Senyawa inilah yang merupakan estrogen nabati dan berfungsi memfasilitasi hormon peningkat ASI. Hormon prolaktin dan oksitosin yang akan meningkat sehingga aliran ASI juga menjadi lancar melalui Herbatia Sari ASI.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on