ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
14 Juli 2017
Kenali Penyakit Keputihan pada Wanita Sebelum Terlambat

Keputihan atau leukorea merupakan kuantitas cairan lengket yang umumnya keluar dari mulut daerah kewanitaan. Terkadang disertai rasa gatal, terbakar, sakit, dan nyeri ketika berkemih. Penyakit keputihan pada wanita sebetulnya tidak berbahaya, asalkan kadar cairan yang keluar normal. Keputihan dapat dikatakan tidak normal apabila jumlah maupun aroma cairan berwarna kuning keputihan dari mulut vagina tak terkendali, termasuk saat memasuki fase kehamilan.

Penyebab Penyakit Keputihan pada Wanita

Keputihan yang tak normal atau disebut juga patologis, bisa menjadi potensi gangguan pada organ reproduksi maupun di tempat lain dalam tubuh. Ini bisa dikenali dengan melihat warna cairan berupa putih kekuningan atau krem keruh yang sangat kental karena tercampur nanah. Cairan keputihan seperti itulah bisa mengindikasikan terjadinya infeksi seperti kandidiasis, trikomoniasis, dan vaginitis bakteri. Jika keputihan yang kamu alami normal, kurangi saja dengan cara rutin mengonsumsi Herbatia Sari Putih yang terbuat dari ramuan herbal. Banyaknya komponen herbal seperti pegagan, manjakani, kacip Fatimah, kulit delima, dan sirih, menjadikan Herbatia Sari Putih lebih cepat dan aman mengurangi keputihan. Bahkan, sifat anti bakteri dan jamurnya sangat kuat sehingga mampu mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap pada organ intim kewanitaan.

Keputihan yang menandakan infeksi trikomoniasis umumnya beraroma tak sedap menyengat, berwarna kekuningan hingga hijau, bahkan terasa gatal di bagian dalam ataupun luar liang senggama (vagina). Sedangkan, keputihan tanda infeksi kandidiasis umumnya berwarna putih kental disertai dengan rasa gatal dan iritasi iritasi dan rasa gatal. Keputihan bisa menjadi gejala penyakit kewanitaan cukup serius seperti infeksi leher rahim dan juga beberapa jenis penyakit seksual menular. Keputihan lebih sering terjadi karena kegiatan beberapa jenis mikroba di permukaan atau bahkan dalam lubang miss V, lho. Berikut terdapat kelompok mikroba yang memicu keputihan pada kaum hawa.

  • Jamur Candidas atau Monilia

    Adapun ciri-ciri dari jamur ini yaitu warna putih menyerupai susu, cairan sangat kental, serta aroma busuk khas menyengat. Keputihan yang disebabkan oleh Monilia atau Candidas akan membuat wilayah miss V kamu meradang. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan pil KB (pengatur kehamilan), penyakit kencing manis, serta lemahnya sistem kekebalan tubuh.

  • Parasit Trichomonas Vaginalis

    Penyakit keputihan pada wanita yang satu ini umumnya datang melalui hubungan seks, perlengkapan mandi (toiletries), atau kebersihan kloset yang tidak dijaga. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengenali jenis keputihan yang memiliki tingkat kekentalan cairan begitu tinggi, warna kuning hingga keruh, berbusa, dan baunya amis. Kalau candidas membuatmu merasa gatal, parasit ini justru sebaliknya. Namun gejalanya terasa nyeri bila vagina ditekan.

  • Bakteri Gardnella
    Penyakit keputihan pada wanita berikutnya yakni bakteri gardnella. Jika kamu terkena, maka debit keputihan berwarna keabu-abuan, mengeluarkan bau amis, sedikit encer, dan berbusa. Kondisi keputihan akibat bakteri ini sangat mengganggumu, karena timbul rasa gatal yang berlebihan. Kamu bisa mengatasi rasa gatal yang berlebihan tersebut, dengan rutin mengonsumsi Herbatia Sari Putih 3 kali sehari 1 kapsul. Herbatia Sari Putih memiliki asiaticoside, yakni senyawa dengan aktivitas anti mikroba pada jamur dan bakteri.
  • Kanker Serviks
    Infeksi Human Papillomavirus atau HPV yakni sekumpulan virus yang disebabkan oleh kontak seksual, bisa menyebabkan kanker serviks. Memang awalnya tidak timbul gejala khas, hanya saja jenis kanker bisa menghasilkan debit cairan yang berdarah, berwarna coklat dan berair, serta timbulnya bau tidak sedap. Kanker serviks bisa segera dicegah dengan melakukan pengujian HPV (CDC), ya.

Penyakit keputihan pada wanita sebetulnya bisa diatasi dengan segera, asalkan kamu memperhatikan tanda-tandanya dari awal. Ingat, kebiasaan sehat juga sangat mempengaruhi kesehatan organ intim kamu, ya. Jadi, rawat kebersihannya mulai sekarang sebelum terlambat.

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on