ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : ASI
30 Mei 2017
Sulitkah Menerapkan Cara agar ASI Cepat Keluar? Ini Jawabannya

Setelah melahirkan, tugas ibu selanjutnya yaitu menyusui bayinya. Namun, terkadang masalah muncul ketika menyusui dan itu sangat mengkhawatirkan, bukan? Air susu yang tidak keluar sama sekali, membuat sebagian besar ibu merasa cemas berlebih.sehingga belum bisa menyusui bayinya beberapa hari sesudah kelahiran. Sebetulnya, hal ini merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Air susu ibu (ASI) umumnya baru keluar dua hingga tiga hari setelah melahirkan. Namun, yang menjadi masalah apabila ASI ibu tidak keluar hingga hari keempat. Jadi, cara agar ASI cepat keluar sangatlah penting untuk kamu ketahui. ASI yang lancar juga dapat dipengaruhi oleh isapan si kecil, lho. Jika payudara semakin sering diisap bayi, semakin lancar pula ASI yang keluar.

Mengapa ASI tidak keluar walau sudah melahirkan?

ASI yang tidak keluar bisa dikarenakan oleh faktor tertentu, antara lain faktor ibu, dan proses menyusui. Untungnya, terdapat beberapa penyebab-penyebab ASI tidak keluar.

Faktor kelahiran

Faktor kelahiran dapat menjadi alasan mengapa ASI tidak juga keluar. Faktor kelahiran ini antara lain:

  • Ibu stres atau mengalami trauma persalinan karena proses persalinan yang begitu lama atau dilakukan melalui operasi caesar, sehingga mempengaruhi hormon stres yang menyebabkan tertundanya pengeluaran ASI.
  • Kehilangan banyak darah, yakni lebih dari 500 ml. kemungkinan besar, ini terjadi karena kamu mengalami banyak perdarahan setelah melahirkan. Hal ini tentunya dapat mengganggu kerja kelenjar hipofisis pada otak yang mengontrol hormon laktasi.
  • Cairan infus yang banyak saat proses persalinan, juga bisa menyebabkan payudara bengkak bahkan ketersediaan ASI tertunda hingga payudara kembali normal.
  • Plasenta yang tertahan atau apa pun yang dapat mempengaruhi fungsi plasenta, juga bisa menunda ASI keluar.
  • Obat penghilang rasa sakit yang dikonsumsi ketika proses persalinan dengan berlebihan, juga dapat menunda ASI keluar.

Bagaimana Cara agar ASI Cepat Keluar?

Asi tidak keluar membuat kamu cemas? Nah, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara agar ASI cepat keluar. Yuk, simak.

  1. Hypnobreastfeeding
    Hal pertama yang bisa dilakukan apabila ASI kamu tidak keluar setelah melahirkan yaitu dengan melakukan teknik hypnobreastfeeding. Teknik ini dilakukan dengan menciptakan perasaan tenang, membayangkan ASI kamu mengalir deras, dan mengilusikan bayi kamu sedang menyusu dengan sangat lahap. Kedekatan kamu dengan si buah hati mempunyai peranan penting dalam keberhasilan teknik ini. Oleh sebab itu, sebelum melakukan teknik ini cobalah untuk menggendong bayi kamu mencium dan menimangnya beberapa saat, ya.
  1. Minum air hangat
    Selain bisa digunakan untuk mengompres payudara, air hangat juga bisa diminum untuk merangsang tubuhmu agar memproduksi hormon oksitosin serta hormon prolaktin. Kedua hormon inilah yang sangat penting dalam melancarkan aliran ASI yang tidak keluar sesudah melahirkan. Prolaktin mampu menstimulasi kantung alveoli agar bisa memproduksi ASI. Sementara hormon oksitosinnya, mampu menstimulasi ASI agar mengalir keluar dengan deras.
  1. Obat Herbal
    Cara agar ASI cepat keluar bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi obat Herbal Herbatia Sari ASI. Tak mengandung efek samping, Herbatia Sari ASI juga terbuat dari 100% bahan alami sehingga sangat aman digunakan. Daun katuk di dalamnya akan merangsang pelepasan hormon prolaktin dengan efektif, sehingga mampu meningkatkan ASI dengan tepat. Yuk, sehat alami dengan aman dan nyaman melalui Herbatia Sari ASI.

Cara agar ASI cepat keluar di atas perlu diimbangi dengan mengonsumsi Herbatia Sari ASI juga, ya. Tak perlu ragu mengonsumsinya 3 kali sehari 1 kapsul, karena Herbatia Sari ASI berasal dari bahan alami. Mengandung biji klabet, Herbatia Sari ASI dapat memfasilitasi oksitosin dan hormon prolaktin sehingga aliran susu dapat meningkat.

ASI
Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Paling Aman 09 November 2017

Menjadi bagian tubuh paling penting, tak jarang wanita yang merasa c ...

share on
ASI
Segera Konsumsi 4 Buah untuk Memperlancar ASI Ini 13 Oktober 2017

Ada hal yang perlu ibu ketahui, tahap penting yang diperlukan oleh s ...

share on
ASI
Mudah Terapkan Cara agar ASI Melimpah dan Lancar 13 Oktober 2017

Apakah bayi kamu mendapatkan cukup ASI? Sebenarnya, hampir semua Ibu ...

share on
ASI
Bagaimana Caranya Agar ASI Lancar Setelah Melahirkan? 12 Oktober 2017

Setelah melahirkan, biasanya ASI akan langsung keluar. Tetapi, dari ...

share on
ASI
Cara Mengeluarkan ASI setelah Melahirkan Paling Mudah 18 Agustus 2017

Mempunyai buah hati adalah keinginan setiap pasangan yang sudah meni ...

share on