ARTIKEL Artikel informatif dari Herbatia untuk para wanita yang memiliki kesadaran tinggi tentang kesehatan tubuhnya. Temukan bahasan lengkap seputar kesehatan tubuh dan organ reproduksi wanita di sini.
Category : Masalah Kewanitaan
20 Juli 2017
Kenali Tanda Keputihan Abnormal dan Cara Mencegahnya

Sebuah cairan putih yang keluar dari organ intim wanita (keputihan) memang membuat tidak nyaman. Terjadinya keputihan adalah hal lumrah pada wanita setelah atau menjelang menstruasi. Terdapat berbagai kemungkinan jenis keputihan pada wanita sesuai dengan aroma, warna, dan tingkat konsistensi. Wanita yang tengah masuk masa subur bisa beranggapan tanda keputihan sebagai pematangan sel telur. Pada dasarnya, keputihan merupakan kondisi yang normal. Ini terjadi secara alami pada bagian organ intim wanita yang ingin membersihkan diri dari bahaya sel merugikan akibat pH yang tidak seimbang. Apa pun jenis keputihan yang dialami, tidak ada salahnya jika kamu waspadai dari awal.

Bagaimanakah Tanda Keputihan tidak normal?

Munculnya keputihan tidak boleh diabaikan begitu saja, ya. Hal ini disebabkan, tidak semua keputihan bersifat normal. Nah, berikut terdapat tanda keputihan yang perlu kamu waspadai:

  • Keputihan dengan tekstur kental

Pada wanita menjelang menstruasi umum mengalami keputihan dengan tekstur yang lebih kental dan kuantitas berbeda-beda setiap individu. Biasanya 5-7 hari sebelum menstruasi memang keputihan ini terjadi karena perubahan hormon sesaat. Apabila keputihan berlangsung lebih lama, maka dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu sehingga memberi dampak serius. Tetapi, apabila keputihan yang kamu alami tidak disertai dengan gejala lain, konsumsi saja Herbatia Sari Putih 3 kali sehari 1 kapsul. Dibuat dengan bahan pilihan, Herbatia Sari Putih memiliki kandungan sirih. Fenol dan tanin dari sirih tersebutlah yang mampu sebagai antiseptik dan mengurangi sekresi cairan di vagina.

  • Keputihan dengan bau amis

Keputihan disertai dengan bau tidak sedap yang amis dapat menjadi tanda keputihan yang berbahaya. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan nyeri pinggang, sakit setiap buang air kecil, serta rasa risih pada organ intim. Gejala ini bisa disebabkan kuantitas maupun kualitas mikroorganisme yang tidak seimbang dalam organ kewanitaan. Saat mengalami keputihan ini, kamu sebaiknya tidak melakukan hubungan seks bebas agar tidak semakin parah. Kamu bisa mengatasi keputihan ini, dengan langsung memeriksakannya ke dokter.

Tips Mudah Mencegah Keputihan

Apabila kamu tidak ingin mengalami keputihan di atas, cegah saja dengan menerapkan beberapa cara berikut.

  • Biasakan untuk menggunakan pakaian, atau celana yang sangat mudah menyerap keringat seperti celana berbahan katun. Dengan begitu miss V kamu akan mendapatkan ruang untuk bernafas, sehingga tidak akan terjadi kelembapan yang menimbulkan kuman.
  • Hindari menggunakan bahan kimia, yang justru dapat memicu keputihan karena kandungan adanya sisa senyawa kimia dalam bahan pakaian. Lebih baik, bersihkanlah vagina dari dalam dengan mengonsumsi Herbatia Sari Putih. Kandungan delima di dalamnya, memiliki alkaloid dan flavonoid yang dikombinasikan dengan daun sirih. Ini membuat Herbatia Sari Putih menjadi anti jamur yang kuat.

  • Apakah kamu termasuk orang yang suka berenang? Hindari terlalu sering berenang di lokasi umum. Kolam renang sangat mudah menyebarkan infeksi sehingga amat berbahaya untuk organ intim.
  • Saat mandi, ada baiknya kamu tidak menggunakan air hangat terlalu sering, ya. Hal itu disebabkan, dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan pH untuk organ intim. Mandi menggunakan air biasa, tentu lebih segar dan membuat daerah organ intim tidak lembap.
  • Bersihkanlah area intim dari depan ke belakang. Hindari terbalik, ya, untuk menghindari infeksi bakteri dari organ sekitarnya, termasuk anus. Selain itu, biasakan pula untuk menggunakan pakaian yang selalu kering. Tujuannya agar area intim tidak terlalu lembap.

Apabila kamu mengalami tanda keputihan di atas, langsung segera pergi ke dokter ahli demi mendapatkan penanganan lebih lanjut. Lebih baik cegah mulai sekarang sebelum terlambat. Yuk, hidup sehat agar tubuh selalu sehat.

Masalah Kewanitaan
Penyakit Kelamin Wanita yang Tidak Boleh Diabaikan 10 November 2017

Penyakit kelamin tak hanya mudah terjadi pada wanita daripada lak-la ...

share on
Masalah Kewanitaan
Kapankah Waktu Masa Subur sebelum Haid Terjadi? 10 November 2017

Apakah yang dimaksud dengan masa subur? Masa subur merupakan siklus ...

share on
Masalah Kewanitaan
Apakah Keputihan Adalah Kondisi yang Membahayakan? 13 Oktober 2017

Keputihan adalah hal yang sudah biasa terjadi pada setiap wanita, te ...

share on
Masalah Kewanitaan
Trik Merapatkan Miss V Hanya dengan Senam Sehat 13 Oktober 2017

Kecemasan yang paling sering dirasakan oleh wanita tapi ragu untuk d ...

share on
Masalah Kewanitaan
Yuk, Atasi Keputihan Patologis dengan Cara Alami Ini 18 Agustus 2017

Sebagai wanita kamu tentu pernah mengalami keputihan, bukan? Ya, sel ...

share on